Inilah 2 Jenis Obat Amandel Apotek yang Bisa Mengobati Radang Amandel

Mengobati setiap penyakit yang dimiliki tentu menjadi keinginan setiap orang. Saat seseorang menderita sebuah penyakit, tentu ada berbagai aktifitas yang terganggu sehingga mengobati penyakit tersebut akan menjadi prioritas terbesar.

Ada berbagai jenis penyakit yang sering diderita oleh masyarakat mulai dari penyakit akut hingga penyakit ringan. Salah satu penyakit ringan yang cukup mengganggu aktifitas sehari-hari adalah radang amandel.

Radang amandel sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang amandel pada tubuh. Ada berbagai obat amandel apotek yang bisa membantu proses penyembuhan radang amandel.

Karena radang amandel merupakan salah satu penyakit ringan sehingga tidak banyak masyarakat yang mengobati penyakit ini tanpa memeriksakan diri ke dokter. Adapun beberapa obat apotek yang dimaksud diantaranya :

Antibiotik

Jenis obat pertama yang bisa membantu proses penyembuhan radang amandel adalah antibiotik. Antibiotik merupakan jenis obat yang akan membantu mengobati infeksi akibat bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Meski bisa dengan mudah ditemukan di setiap apotek, namun Anda tetap disarankan untuk meminta resep dokter terlebih dahulu sebelum membeli antibiotik ke apotek. Anda juga harus menghabiskan antibiotik sesuai resep agar obat tersebut bekerja dengan maksimal dan radang amandel Anda bisa sembuh dengan cepat.

Jika Anda mendapatkan resep dari dokter, Anda biasanya akan mendapatkan resep antibiotik untuk 10 hari dan Anda harus memastikan antibiotik tersebut habis sesuai dengan resep. Jika Anda tidak menghabiskan antibiotik tersebut, maka hal ini bisa membuat tubuh Anda menimbulkan efek samping seperti resistensi bakteri.

Pereda Demam Dan Nyeri

Obat amandel apotek lainnya yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengobati radang amandel adalah obat pereda demam dan obat pereda nyeri. Jenis obat ini akan membantu meredakan gejala radang sehingga tidak bertambah parah.

Beberapa jenis obat pereda demam dan nyeri yang sudah akrab di mata masyarakat adalah ibuprofen, paracetamol, dan aspirin. Ketiga jenis obat ini dinilai bisa membantu meredakan gejala radang sehingga proses pengobatan bisa berjalan dengan lebih maksimal.

Untuk menggunakan obat pereda demam dan pereda nyeri ini, Anda harus berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan jenis obat yang tepat. Karena kedua jenis obat ini termasuk jenis obat yang cukup keras sehingga bisa menimbulkan efek samping jika obat dipilih secara random tanpa konsultasi terlebih dahulu.

Obat amandel apotek ini biasanya digunakan untuk penderita radang amandel yang disebabkan oleh virus. Ibuprofen tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui karena cara kerjanya yang terlalu kuat. Maka dari itu sangat disarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum membeli obat tersebut.

Itulah 2 jenis obat radang amandel yang bisa Anda beli di apotek dengan mudah. Meski bisa dibeli dengan mudah, namun akan lebih aman jika Anda membeli obat tersebut setelah memiliki resep dari dokter.

Meski termasuk penyakit ringan, namun berkonsultasi dengan dokter akan membuat Anda lebih mudah mengobati penyakit Anda dengan maksimal. Anda juga bisa mengobati radang amandel Anda dengan melakukan berbagai kebiasaan hidup sehat seperti istirahat yang cukup serta mengonsumsi air putih yang cukup.

Radang amandel merupakan penyakit ringan yang memiliki potensi untuk kembali kambuh sehingga sangat penting untuk Anda melakukan pencegahan dan perawatan yang tepat. Menggunakan obat amandel apotek yang tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh bisa membantu Anda untuk mengobati radang amandel dengan maksimal. Kembalinya kondisi kesehatan seperti sedia kala akan memberikan kenyamanan hidup seperti yang diidamkan.

Inilah 2 Jenis Obat Amandel Apotek yang Bisa Mengobati Radang Amandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top