Kamu perlu tahu tentang amandel

Amandel adalah organ di pangkal mulut atau sisi belakang tenggorokan yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan memproduksi antibodi untuk melawan kuman. Dalam bahasa inggris dikenal dengan mana tonsil.

amandelTindakan yang paling banyak dilakukan pada kasus amandel adalah operasi amandel. Operasi amandel disebut juga tonsilektomi yang merupakan pembedahan untuk mengambil organ amandel.

Sebenarnya perlu diketahui juga, amandel itu ada beberapa, yaitu :

Amandel palatine, adalah kumpulan jaringan getah bening di sisi kanan dan kiri dari tenggorokan bagian atas. Pada umur 3-6 tahun adalah ukuran terbesar, dan akan mengempis ketika remaja. Amandel itu merupakan bagian sistem kekebalan tubuh.

Operasi amandel hanya diperlukan pada pada kondisi darurat seperti :
Tertutupnya jalur nafas, mendengkur keras dan sleep apnea (terbangun mendadak ketika tidur)
Jika infeksi amandel terjadi sampai 7x dalam 1 tahun

organamandelApa sih resiko operasi amandel?
Tentu dalam mengambil keputusan operasi, perlu dilakukan pertimbangan antara risiko dan manfaatnya. Beberapa komplikasi yang pernah dilaporkan : perdarahan hingga 10-14 hari setelah operasi. Tentu jika hal itu terjadi perlu dilakukan perawatan inap yang intensif untuk observasi. Jika parah bisa sampai memerlukan transfusi darah.

Resiko lain yang bisa terjadi : infeksi, nyeri berkepanjangan, dehidrasi, cacat gigi, ataupun mati rasa pada lidah. Pada kasus beberapa pasien, sleep apnea, mendengkur, atau infeksi faring, tentu memerlukan perhatian yang lebih serius.

Untuk mencegah terjadinya operasi, jaga pola hidup sehat dan konsumsi dengan obat amandel alami seperti lamandel.

Kamu perlu tahu tentang amandel

4 thoughts on “Kamu perlu tahu tentang amandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top